Belajar Overclock


Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti seminar overclock di kampus saya. Dari seminar itu dan juga baca referensi di majalah Info Komputer edisi 05 2008 saya sedikit mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan Overclock. Mengutip dari Wikipedia istilah Overclock adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat performa lebih tinggi. Tetapi perlakuan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya peripheral computer yang dioveclock. Overclock biasanya dipraktekkan oleh para pengguna PC untuk "memaksa" periferal komputer bekerja diatas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan performa kerja komputer.
Analoginya adalah sebagai berikut seorang pelari yang disuruh berlari selama 10 putaran per menit padahal biasanya cuma 5 putaran. Terkadang hal ini akan membuat kita bertanya apa bisa kerja computer terkesan sangat dipaksa dan apakah hal itu tidak akan merusak komponen computer yang akan di overclock? Hal itu juga menjadi pertanyaan saya tetapi setelah saya lihat lansung baru saya mengetahui. Produsen komponen komputer mengoperasikannya pada frekuensi yang masih relatif aman bukan dalam kondisi maksimal.
Komponen yang biasanya di-overclock adalah yamn memiliki system kerja yang berbasis frekuensi, seperti prosesor, memori, dan kartu grafis. Dalam melakukannya komponen-komponen tersebut harus didukung oleh komponen lain misalnya motherboard sebagai wadah komponen tersebut.

Berikut tips yang aman untuk melakukan overclock:
1.Pastikan stabil di awal
Memastikan system yang stabil pada kondisi awal atau default. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan tidak ada komponen yang bermasalah sejak awal.

2.Satu persatu
Untuk mengetahui berapa kekuatan maksimal dari prosesor, memori, dan kartu grafis maka pengaturannya harus dilakukan satu persatu.

3.Naikkan sedikit dulu

Referensi: wikipedia
majalah Info Komputer

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar apa saja ttg blogku.
Please jangan anonim**